Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Daerah

Inisiasi Pusat Komando Keamanan Wisata, Kapolres Mabar Terima Penghargaan

38
×

Inisiasi Pusat Komando Keamanan Wisata, Kapolres Mabar Terima Penghargaan

Sebarkan artikel ini

Kapolres Manggarai Barat (Mabar), AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. saat menerima piagam penghargaan dari Direktur KSDAE Kementerian LHK RI, Ir. Wiratno, M.Sc. di Gedung Komodo Visitor Center Labuan Bajo, Minggu (01/11/2020). (Foto: Humas Polres Mabar)

Labuan Bajo_KlikNTT.Com_Kapolres Manggarai Barat (Mabar), AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. menerima piagam penghargaan dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, dalam acara Pemberian Penghargaan Konservasi dan Tasyakuran Gedung Komodo Visitor Center, di Gedung Komodo Visitor Center Labuan Bajo, Minggu (01/11/2020).

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Direktur KSDAE Kementerian LHK RI, Ir. Wiratno, M.Sc. tersebut merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi atas inisiatif Kapolres Mabar dalam membangun Pusat Komando Keamanan Wisata di bumi komodo ini.

“Piagam penghargaan ini diterima atas jasa Kapolres Manggarai Barat sebagai inisiator Pusat Komando Keamanan Wisata pada Kabupaten Manggarai Barat,” terang AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Pasca menerima penghargaan tersebut, Kapolres Mabar mengucapkan terima kasih kepada Mentri KLHK.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak dan salam hormat kepada Ibu Menteri LHK RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. yang telah memberikan penghargaan kepada kami,” ungkapnya.

Kapolres Mabar mengakui, bahwa Polres Mabar sangat peduli terhadap lingkungan. Ia mengajak, agar semua elemen di Mabar, sama-sama membangun peradaban pariwisata super premium yang berwawasan lingkungan.

“Dari awal kami sangat konsen dan peduli terhadap lingkungan. Mengurus lingkungan itu tidak bisa kerja sendiri, tetapi itu adalah kerja tim. Kita harus bersama–sama membangun sebuah peradaban kawasan pariwisata super premium di Labuan Bajo, khususnya menjaga ekosistem dan sumber daya alam. Dan itu membutuhkan komitmen dan kerjasama dari semua pihak,” ujarnya.

Kembangkan Program ESIS

Kapolres Mabar bersama Direktur Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOP-LBF) Shana Fatina dan Kepala Balai Taman Nasional Komodo (TNK) Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. sudah membuat sebuah program yang bernama Electronic Securing Integrated System (ESIS).

Demikian disampaikan Kapolres Mabar, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. pasca penerimaan penghargaan dari Dirjen KSDAE KLHK RI, Minggu (1/11/2020).

Menurut AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., ke depannya, selain Gedung Comand Center yang ada di Polres Mabar, Gedung Komodo Visitor Center milik Ditjen KSDAE juga akan menjadi Pusat Komando, yang dilengkapi perangkat pendukung, termasuk kamera–kamera CCTV yang akan dipasang di tempat wisata seperti di pulau Rinca, pulau Padar, pulau Komodo, di ruas jalan nasional dan jalan kabupaten, persimpangan traffic light, pusat wisata kuliner, pusat ekonomi, gedung perbankan dan tentunya kamera CCTV juga akan terpasang di gedung-gedung strategis yang saat ini sedang dibangun oleh Pemerintah Pusat di Labuan bajo.

“Gedung ini selain bernilai strategis, juga akan menjadi Pusat Komando dan seluruh masyarakat maupun wisatawan yang ingin melihat Komodo, kalau tidak punya waktu ke sana, mereka bisa lihat dari sini secara virtual atau dapat juga dengan mendownload sebuah aplikasi di smartphone lainnya” jelas AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Ia melanjutkan, sebagai Kabupaten yang ditentukan sebagai kawasan pariwisata super premium dan super prioritas satu-satunya di Indonesia, Mabar harus dilengkapi dengan pola sistem pengamanan yang juga super premium.

“Polres Manggarai Barat bersama BOPLBF, BTNK dan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat serta Kadin Manggarai Barat bersama asosiasinya, insya Allah pada tahun 2021 mendatang akan melaunching sebuah sistem pengamanan berbasis IT yang modern dan pertama di Indonesia dengan nama ESIS,” pungkas Kapolres Mabar.

Rudi Haryatno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *