Bhabinkamtibmas Polres Ende  Edukasi Warga Terkait Covid-19 Dengan Mengkonsumsi Minuman Herbal

0
443

Ende_KlikNTT.co Anggota Bhabinkamtibmas Polres Ende, Kabupaten Ende-NTT aktif mengedukais masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19).

Hal itu yang dilakukan oleh  Bripka Adrianus Mosa, Amd.kep. Bhabinkamtibmas di desa Rukuramba, kecamataan Ende dimana dirinya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengonsumsi minuman herbal yang diraciknya bersama beberapa warga desa lainya.

Bripka Adrianus Mosa ketika dihubungi media ini via telepon seluler mengatakan sebagai seorang anggota Polisi yang bertugas sebagai Babinkamtibmas di wilayah desa Rukuramba dirinya merasa terpanggil untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga imunitas tubuh dalam menghadapi wabah Covid-19.

“Saya merasa terpanggil untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pembuatan jamu tradisional kepada masyarakat dalam rangka menjaga imunitas tubuh saat wabah Covid-19”, ungkapnya.

Ia manamabhkan, dalam mengahadapi wabah Covid-19 selain menjalani protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah seperti mengenakan masker, mencuci tangan, tetap dirumah dan berolah raga serta menjaga polah makan hal lain yang juga perlu dilakukan adalah mengonsumsi minuman herbal dari bahan rempah-rempah seperti jahe, kunyit, sere, temulawak, gula merah, gula pasir dan jeruk nipis.

Ramuan ini adalah warisan leluhur dan mudah didapat serta diolah sendiri,  selain itu secara ilmiah diyakini zat-zat yang terkandung dalam rempah-rempah tersebut dapat meningkatkan imun tubuh agar tubuh manusia mampu melawan penyakit yang menyerang imun tubuh.

“Dalam hubungannya dengan Covid-19, rempah-rempah ini berguna menaikan imun tubuh agar bisa melakukan perlawanan terhadap virus ini, maka saya akan rutin meracik minuman herbal ini untuk dibagikan kepada segenap masyarakat desa Rukuramba setiap minggunya selama masa pandemi Covid-19.” Kata Adrianus.

Dirinya juga menghimbau agar masyarakat tetap mentaati himbauan pemerintah melalui pemerintah daerah dan maklumat Kapolri. Agar masyarakat tidak panik dalam menghadapi situasi ini dan menyerahakan sepenuhnya persoalan ini kepada pihak pemerintah, sambil terus taat menjalankan protokol kesehatan sambil berdoa agar wabah ini cepat berlalu.

Salah satu warga, Maria Biba menyampaikan  ucapan terimakasih kepada pihak Polsek Ende yang melalui Babinkamtibmasnya telah memberikan edukasi tarhadap warga khususnya cara pembuatan jamu herbal yang mudah dan murah ini.

“Kami ucapkan terima kasih  kepada pihak polsek Ende dan Babinkamtibmas yang sudah mengajarkan kami cara membuat jamu herbal yang mudah dan murah ini serta membagikan kepada kami, Ini sangat bermanfaat bagi kami, ternyata tidak susah cara pembuatannya.” Ucapnya.

Dirinya menyampaikan bahwa pada masa pandemi seperti ini, jamu ini diharapkan bisa membantu mereka dalam menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dan dirinya berjanji akan terus membuat sendiri minuman herbal ini untuk kebutuhan keluarga.

Penulis : Elton Rete

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here