STKIP Nusa Bunga Wisudakan 28 Wisudawan/Wisudawati Angkatan Ke-II

0
284

Nagekeo, KlikNTT.Com- Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Nusa Bunga Floresta  (STKIP NBF) Mbay Kabupaten Nagekeo mewisudakan 28 Wisudawan/Wisudawati Angkatan Ke-II Sarjana (S1) Diantaranya Pendidikan Guru Paud Sebanyak 27 Wisudawati dan Pendidikan Bahasa Inggris Sebanyak 1 Wisudawan.

Acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa STKIP Nusa Bunga Floresta Berlangsung Sederhana dan di buka secara resmi oleh Ketua STKIP NBF Ramdan Hidayat, M.SI  bertempat di Aula Setda Nagekeo, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo. Sabtu,(29/2/2020).

Ketua STKIP NBF Ramdan Hidayat dihadapan 28 Wisudawan dalam sambutannya mengatakan bahwa Dunia kerja yang akan dihadapi oleh Para Sarjana  di lapangan nanti adalah dunia yang penuh dengan tantangan dan persaingan yang demikian ketat.

“Sehingga kalian dituntut untuk berjuang dengan keras dan cerdas agar survive dalam persaingan tersebut. Janganlah pernah berhenti untuk terus berjuang menghadapi semua tantangan itu dengan berbekal ilmu pengetahuan, kebiasaan belajar, dan semangat yang telah kalian miliki.

Lanjut Ramdan, “Kami percaya kalian semua dapat selalu meraih kesuksesan dalam mengejar karier dan cita‐cita, asalkan kalian juga harus memiliki kesiapan-kesiapan yang prima guna meraihnya

 ”Jangan cepat berpuas diri” harus menjadi kata kunci yang senantiasa melekat di dalam sikap dan perilaku kalian sekarang ini, agar kalian terus termotivasi untuk belajar dan belajar terus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta tuntutan kerja.

Ramdan menjelaskan bahwa di Era Globalisasi dan keterbukaan seperti sekarang ini yang ditandai dengan perubahan-perubahan yang begitu cepat, dengan sendirinya menuntut kita untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut. Dalam dunia yang sarat dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi, diperlukan sumberdaya manusia kreatif, dinamis, yang handal baik dari segi kemampuan akademis, teknis, maupun keterampilan komunikasi interpersonal. Sumber daya manusia bercirikan seperti itulah yang kami yakini ada pada diri kalian semua, karena kalian sudah mampu melewati penggemblengan secara akademis maupun moral dan mental intelektualitas di kampus kebanggaan kita Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nusa Bunga Floresta.

“Bermodalkan itu, kalian harus memberi kontribusi besar melalui karya gemilang dalam berkiprah di dalam negeri maupun di mancanegara. Bahkan bila memungkinkan kalian harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan dengan semangat kewirausahaan. Harapan seperti itulah yang tentunya menjadi dambaan kita semua dalam rangka membangun dan memajukan bangsa dan negara ini.
Para wisudawan/wati yang saya banggakan.

Ramdan berharap bahwa di sisi lain, perlu kalian sadari dan waspadai, bahwa di lapangan nanti kalian akan menemui suatu kenyataan atau fakta bahwa antara teori-teori yang kalian dapatkan selama mengikuti pelajaran di bangku kuliah dengan kondisi pekerjaan di lapangan, kadangkala berbeda. Itu merupakan suatu dinamika lapangan yang sulit dihindari. Apabila menghadapi hal seperti ini, kalian tidak usah bimbang ataupun ragu, tetapi kalian justru harus mampu beradaptasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan dalam dunia nyata di lapangan. Karena bagaimanapun kondisi nyata di lapangan pada dasarnya akan tetap dapat dilihat dari perspektif ilmu pengetahuan atau teori-teori sebagai rujukannya. Untuk itu, dalam kondisi seperti itu kalian dituntut agar tidak terlalu kaku dalam menerapkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan, tetapi harus memiliki kekenyalan tertentu yang tetap mampu mengadopsi kondisi lapangan melalui pendekatan-pendekatan keilmuan sesuai yang anda bidangi. Dengan cara itu, Insya Allah kalian tidak akan menemui kesulitan yang berarti di lapangan atau dunia kerja nanti.

Menyikapi harapan masyarakat Ramdan menambahkan terhadap perguruan tinggi swasta, saya berharap Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nusa Bunga Floresta secara konsisten terus meningkatkan kualitasnya. Peran Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nusa Bunga Floresta tidak hanya memberikan proses pembelajaran kepada peserta didik saja akan tetapi saya berharap Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nusa Bunga Floresta sebagai perguruan tinggi swasta, semakin dipercaya masyarakat, dengan menjalankan proses belajar mengajar secara taat asas sesuai dengan visi dan misinya, tidak hanya sesuai dengan sasaran mutunya saja akan tetapi harus dapat menunjukkan karya baktinya yang bisa dirasakan sesuai tuntutan dan kebutuhan yang berkembang di masyarakat.

SementaraSementara Ketua Yayasan Wini Unggul Oskarianus Meta menyebutkan bahwa STKIP NBF sangat berbangga kembali mampu meluluskan para lulusannya yang merupakan manusia berkarakter yang diharapkan mampu bersaing pada persaingan dunia kerja di masa yang akan datang.

Oskar mengungkapkan bahwa tidaklah mudah bersaing di dunia kerja yang saat ini tidak hanya membutuhkan kemampuan akademis yang baik, namun juga membutuhkan pribadi-pribadi yang intelektual dan berkarakter.

Menurutnya beban setiap Universitas sebenarnya bukan semakin mudah, namun semakin menantang.

“Untuk menjawab tantangan ini, STKIP NBF akan mengusahakan secara optimal, terencana dan terukur agar kedepan STKIP NBF dapat menjadi sebuah Kampus Merdeka yang unggul, berkemajuan dan berkepribadian dengan dasar akhlak mulia,” lanjutnya.

Pada akhir sambutannya, Oskar juga berpesan bahwa wisuda bukanlah menjadi akhir, namun menjadi awal perjuangan para Sarjana yang telah lulus.

“Jagalah nama baik almamater, tunjukkan bahwa diri kalian adalah alumni STKIP NBF Nagekeo yang selalu menjaga diri, beribadah pada Allah SWT, berbakti pada kedua orang tua serta bekerja sepenuh hati,” tutup Oskar.

Hadir Pada Kesempatan itu Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja, Wakil Ketua PKK Kabupaten Nagekeo, Pimpinan DPRD Kabupaten Nagekeo, Camat Aesesa, Sekda Nagekeo, Sekretaris LL DIKTI, Ketua Yayasan Wini Unggul, para Wisudawan/Wisudawati dan Para Tamu Undangan. (VD).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here