Polres Kupang Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2019

0
466

Oelamasi_KlikNTT.com- Polres Kupang adakan Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2019 hari Selasa(28/05) pagi di Lapangan Mako Polres Kupang, Kelurahan Babau, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, NTT.

AKBP. Indera Gunawan, SIK selaku Inspektur uapacara saat membacakan Instruksi Kapolri, Jendral Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian M. A. Ph. D tentang Amanat Apel Gelar Pasukan Operasi Tahun 2019 mengatakan,  Apel ini akan digelar selama 13 hari,  maulai Rabu dini hari tertanggal 29 Mei 2019 memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi sebelumnya. Operasi ketupat akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan pemilu tahun 2019. Hal tersebut akan membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam Operasi Ketupat Tahun 2019 semakin kompleks.

Sejalan dengan hal tersebut, berbagai gangguan terhadap stabilitas kamtibmas berupa aksi serangan teror, baik kepada masyarakat maupun kepada personil dan markas Pokri, “Sperti kejahatan yang meresahkan masyarakat yakni pencurian, perampokan, penjambretan, begal, dan premanisme, intoleransi, kekerasan, seperti aksi sweeping oleh ormas, gangguan terhadap kecepatan keselamatan transportasi Darat, Laut, dan Udara.”

Operasi Kutupat Tahun ini dilaksanakan di seluruh 34 Polda dengan 11 Polda berprioritas, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda DIY, Polda Jawa Timur, Polda Banten, Polda Lampung, Polda Sumatera Selatan, Polda Sulawesi Selatanzl, Polda Bali, dan Polda Papua. Operasi akan melibatkan 160.335 personel gabungan yaini, 93.589 personel Polri, 13.131 personel TNI, 18.906 personel Kementrian dan dinas terkait, 11.720 personel Sat Pol PP, 6.913 personel Pramuka, 16.076 personel organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

Akan digelar 2.488 pos pengamanan, 764 pos pelayanan, 174 pos terpadu, 12 lokasi check poin sepeda motor pada pusat aktifitas masyarakat, lokasi gangguan kamtibmas, serta lokasi rawan gangguan keamanan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas. Obyek pengamanan operasi ketupat antara laoin berupa, 898 terminal, 379 stasiun kereta api, 592 pelabuhan, 212 bandara, 3.079 pusat perbelanjaan, 77.217 masjid, dan 3.530 obyek wisata.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan serentak mulai dari tingkat Markas Besar hingga ke Polres Jajaran. Ada dua tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel gelar pasukan ini yakni:

Pertama: Apel gelar pasukan ini diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personel, peralatan, dan seluruh aspek operasi, termasuk sinergitas dan solidaritas komponen penyelenggara. Kedua: Apel gelar pasukan diselenggarakan untuk menunjukan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehinnga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat.

Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, Saya akan menyampaikan perhatian untuk menjadi pedoman sebagai berikut: Pertama. Persiapkan secara optimal seluruh aspek penyelenggara operasi. Hal tersebut bertujuan agar operasi dapat terselenggara dengan sukses aman dan lancar.

Kedua: Terus pertahankan keseiapsiagaan dan kewaspadaan seluruh personel dalam menghadapi setiap potensi gangguan sepanjang penyelenggaraan operasi. Ketiga: terus jaga dan pelihara solidaritas dan sinergitas seluruh komponen penyelenggara operasi. Hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat mencederai keberhasilan pelaksaan tugas, serta ke empat: laksanakan setiap penugasan dengan penuh semangat, kebanggaan, dan tanggung jawab demi keberhasilan operasi.

Turut hadir, Sat Pol PP Kabupaten Kupang, Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, Basarnas, dan TNI AD, serta para undangan lainnya. (Boy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here